Pages

Subscribe:

Kamis, 27 Oktober 2011

Saif Al Islam Qaddafi Dilindungi Suku Nomaden Tuareg, Tengah Cari penerbangan keluar Libya

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI - Saif al-Islam Gaddafi, anak mantan pemimpin Libya Muammar Qaddafi, tengah mengatur cara keluar dari gurun tempatnya bersembunyi dan berlindung ke  tahanan Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC) Den Haag. Ia kini berada dalam lindungan suku nomaden Tuareg di selatan Libya.
Para pejabat Libya senior di Dewan Transisi Nasional mengatakan bahwa Saif al-Islam telah menyeberangi perbatasan ke Niger tetapi belum menemukan cara untuk menyerahkan diri ke Mahkamah Pidana Internasional di Den Haag.
"Ada kontak dengan Mali dan dengan Afrika Selatan dan dengan negara tetangga lain untuk mengatur keluarnya... Tapi dia belum mendapat konfirmasi. Dia masih menunggu," kata pejabat, yang menolak disebutkan namanya.
Sebelumnya, ICC prnah mengeluarkan surat perintah penangkapan atas dirinya, untuk kejahatan menghancurkan pemberontakan dengan kekuatan senjata.
Sebuah sumber NTC yang lain menyatakan kepada Reuters dua terdakwa yang masih hidup bersama-sama, dilindungi oleh pengembara Tuareg. "Saif prihatin tentang keselamatannya," kata sumber itu. "Ia percaya menyerahkan dirinya atas adalah pilihan terbaik untuknya."
Dia diketahui berada di lokasi yang sama dengan mantan kepala intelijen rezim Qaddafi, Abdullah al-Senussi.

0 komentar:

Posting Komentar