Pages

Subscribe:

Minggu, 30 Oktober 2011

ASEAN Perkuat Kerjasama

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurfahmi Budi
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ajang simposium bertema Moving ASEAN Community Forward into 2015 and Beyond menjadi tempat untuk mengkritisi posisi negara-negara yang ada di jalur Asia Tenggara, agar bersatu untuk menghadapi tantangan, terutama di level ekonomi global.
Karena itulah, seluruh stakeholder yang hadir pada acara ini sepakat untuk meningkatkan kerjasama agar kondisi dan situasi seluruh sektor bisa berjalan lebih kuat, terutama menghadapi ancaman di bidang ekonomi dan politik.
Kesepakatan untuk memerkuat semua lini tersebut diucapkan Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan, Direktur Jenderal untuk Kerjasama ASEAN-Indonesia Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Djauhari Oratmangun, Direktur Eksekutif Economic Research for ASEAN and East Asia (ERIA) Hidetoshi Nishimura dan lebih dari 200 perserta simposium.
Mereka sepakat untuk menyatukan langkah demi progresifitas di bidang ekonomi, sosial politik, keamanan politik, landasan budaya ASEAN, inovasi dan ekonomi yang ramah lingkungan, ketahanan pangan bersama dan keamanan energi.
Selain itu, menurut Sekjen ASEAN, Surin Pitsuwan, ASEAN juga akan meningkatkan pengaruhnya di dunia, terutama di proses integrasi, diplomasi, pendidikan dan komunikasi bisnis dengan kawasan lain.
"Kami akan melangkah lebih kompleks, sehingga semua segmen bisa kami lalui dengan baik. Intinya, pada tahun 2015 mendatang, ASEAN memiliki policy yang kuat di kawasan Asia Timur khususnya, dan dunia pada umumnya," tutur Surin.
Ia percaya, dengan seluruh komponen kekuatan yang ada di ASEAN, semuanya bisa 'dilawan' dengan baik. Beberapa inovasi terkait kebijakan ASEAN juga sudah telontar dan dijadikan cetak biru bagi perjalanan ASEAN.
"Kami akan lontarkan semuanya pada ASEAN Summit 2011 di Bali. Di sana, kami akan mengatualkan kondisi serta merencanakan aplikasi konkret apa yang akan dikerjakan menuju tahap awal di tahun 2015," kata Surin.

0 komentar:

Posting Komentar