Pages

Subscribe:

Kamis, 27 Oktober 2011

Butir-Butir Pancasila Mulai Terlupakan

Liputan6.com, Ponorogo: Sumpah Pemuda yang diperingati pada hari ini, Jumat (28/10) dirayakan secara berbeda di beberapa tempat. Di Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (27/10) Sumpah Pemuda dirayakan masyarakat dengan menggelar lomba menghafal lima butir Pancasila.   
Ternyata tak banyak anggota masyarakat yang masih ingat butir-butir Pancasila. Bahkan seorang aparat Desa Sragi, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo dengan terbata-bata tak hafal Pancasila terutama sila kelima. Panitia lomba menghafal Pancasila menyediakan hadiah menarik yakni seekor kambing.
Sementara itu, di Probolinggo, Jawa Timur sebuah organisasi kepemudaan berkeliling kota dan mendatangi sejumlah pemuda yang sedang nongkrong di jalanan, lalu meminta mereka mengucapkan butir-butir Pancasila. Bagi mereka yang berhasil menghafal Pancasila tanpa kesalahan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan bingkisan bunga.
Butir-butir Pancasila apalagi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, ternyata sedikit demi sedikit mulai tergerus oleh jaman. Sayang sekali, Pancasila yang menjadi dasar bagi kehidupan berbangsa mulai terlupakan. (Vin)

0 komentar:

Posting Komentar